PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “SMART CARD” PADA MATERI PECAHAN SENILAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMPI ZAINAL ABIDIN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menciptakan suatu karya inovasi berupa Kartu Pintar “Smart Card” untuk membantu Siswa dalam memahami materi perbandingan pecahan senilai serta menumbuhkan pembelajaran yang lebih menantang dan menyenangkan bagi Siswa. Penelitian ini dapat digolongkan dalam penelitian pengembangan yang berfokus untuk menghasilkan sebuah karya inovasi yang dapat membantu siswa dan guru dalam suatu proses belajar mengajar. Penggunaan media dapat membuat Siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga Siswa dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasinya. Penggunaan media pembelajaran dapat dilakukan pada berbagai materi yang akan di ajarkan di dalam kelas. Salah satu materinya yaitu materi bilangan yang ada pada kelas VII sekolah menengah pertama. Materi ini merupakan materi pembuka bagi Siswa yang ada di kelas VII. Adapun hasil dari penelitian pengembangan ini adalah 1) Karya Inovasi ini memiliki sedikit kesulitan dalam pembuatan desain, 2) Media ini tidak memerlukan listrik ataupun alat elektronik yang serba canggih sehingga dapat diterapkan di lembaga mana saja dan kapan saja, 3) Siswa merasa sangat semangat, senang, dan termotivasi ketika pembelajaran menggunakan media Smart Card, 4) Guru dapat menyampaikan pesan pembelajaran secara utuh serta Siswa merasa tertarik, tertantang, dan termotivasi pada permainan Smart Card ketika saat proses pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci: Kartu Pintar, Karya Inovasi, dan Media Pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anam, M.K. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema
Pythagoras. Seminar Nasionas Guruan Matematika UMM Malang, 31 Agustus 2017.
Prosiding ISSN :2528-4460.
Undang-undang No. 23 Tahun 2003.
Hamalik, O. 1999. Media Guruan. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Sudirman, A. Media Guruan. Rajawali Press, 2012.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta
: Balai Pustaka.
Rahadi, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Guruan Nasional.
Rahwanti, Juni dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Uno Statik dalam Penerapan
Model Pembelajaran Snowball Throwing Materi Turunan Kelas XI. Seminar Nasional
Pendidikan, Sains dan Teknologi FMIPA: Universitas Muhammadiyah Semarang.
Rahwanti, R dkk. (2018). Peran Permainan Kartu UNO Dalam Meningkatkan Ketrampilan
Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. Volume 9, Nomor 2, UIN
Malang Agustus 2018. e- ISSN 2615-0417.
Sriyati, Suci Rahmadhiana. (2016). Modifikasi Permainan UNO Sebagai Alternatif Bahan
Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Kalimaya,
Volume 4, Nomor 2, Agustus 2016.
DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v5i2.3541
Refbacks
- There are currently no refbacks.