PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA EDUKATIF DI SDN KARANGREJO 02 JEMBER

Eka Nova Ali Vardani, Indri Astutik

Abstract


ABSTRAK

Mitra kegiatan PKM ini adalah SDN Karangrejo 02 Jember. Tujuan dari program PKM ini adalah (1) memberikan pelatihan kepada siswa dan juga guru akan pentingnya melestarikan permainan tradisional terutama di lingkungan sekolah, (2) permainan tradisional dapat menjadi pilihan alternatif bagi siswa saat jam istirahat atau pun saat sedang tidak ada pelajaran sehingga mereka bisa mengisi waktu jam kosong dengan bermain permainan tradisional. Oleh karena itu, solusi yang diberikan adalah dengan mencoba melestarikan kembali permainan tradisional yang dulu pernah ada dan dirasa saat ini masih sangat relevan untuk tetap bisa dimainkan dan dilestarikan. Hasil yang diperoleh pada kegiatan ini adalah jarang sekali terlihat siswa SDN Karangrejo 02 Jember memainkan permainan tradisional saat jam istirahat atau tidak ada jam pelajaran, namun saat ini bisa dijumpai beberapa siswa mulai melestarikan dengan bermain permainan tradisional di lingkungan sekolah tanpa ada rasa canggung pasca pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan.

 

Kata Kunci: pemanfaatan permainan tradisional, sebagai media edukatif di SDN Karangrejo 02 Jember


Keywords


pemanfaatan permainan tradisional, sebagai media edukatif di SDN Karangrejo 02 Jember

Full Text:

PDF

References


Anam, S., Ovaleoshanta, Geby, Fahrizal A., & Danang A. S. (2017). Studi Analisis Budaya Permainan Tradisional Suku Osing Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pembelajaran Olahraga Volume 3 Nomor 2 Tahun 2017.

(http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/download/11911/785)

Bakhtiar, A., Masub & Paulina. (2017). Permainan Tradisional “Cublak Suweng” Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak SD. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA 2017. (http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/download/413/394)

Diantama, S. (2017). Permainan Tradisional Sunda Dalam Membangun Karakter Warga Negara. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 6 No 1 April 2018, hal 30-40.

(http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/download/1871/1668)

Haris, I. (2016). Kearifan Lokal Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, Volume 1, Nomor 1, hlm 15 – 20.

(https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/1204)

Irman. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. Konseli (Jurnal Bimbingan dan Konseling) 04 (2); 2017; 89-96. (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/download/2192/1792)

Kurniawan, M. R. (2018). Permainan Tradisional Yogyakarta Sebagai Sumber Belajar Alternatif Berbasis Kearifan Lokal Bagi Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Volume 8(2) 98 – 111 Desember 2018.

(http://e-jounal.unipma.ac.id/index.php.PE/article/view/2697)

Maricar, F. & Tawari R. S. (2018). Nilai Dan Eksisitensi Permainan Tradisional Di Ternate. Jurnal ETNOHISTORI, Vol. V, No. 2, Tahun 2018.

(http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/etnohis/article/view/1138/882)

Suswandari. (2017). Kearifan Lokal Etnik Betawi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

(https://www.kla.id/jenis-permainan-tradisional-yang-mampu-mengalahkan-gadget/)




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v4i0.3271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats